Senin, 15 Juli 2019

PulaU Bongkil, surga tersembunyi gorontalo utara

Tags

Pulau Bongkil Gorontalo Utara
Pulau Bongkil adalah pulau tanpa penghuni yang berada di perbatasan antara Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Utara. Jika dilihat dari peta, Pulau Bongkil ini lebih dekat dengan Provinsi gorontalo, namun pulau ini masuk wilayah sulawesi utara. 

Agak ribet memang untuk bisa sampai ke lokasi ini, selain transportasi umum yang tidak ada juga tidak ada penginapan disana, tidak ada cafe ataupun rumah makan, hanya segumpal pulau dengan keindahan yang luar biasa. 

Dipulau ini ada bangunan yang tidak terawat, saya tanya ke beberapa nelayan katanya bangunan itu sudah ada sejak zaman belanja, tapi jika saya tinjau bangunan ini punya desain yang modern era kekinian, jadi agak ragu sih kebenarannya. 

Pulau ini biasa digunakan untuk persinggahan para nelayan untuk istirahat, ombaknya kecil, bagian depan penuh dengan pasir putih, bagian belakang penuh batu, bagian tengah  dipenuhi pepohonan. 
Perahu Nelayan Kapasitas 15org

Untuk menuju ke pulau bongkil ini saya menggunakan mobil dari Kota Gorontalo Menuju Pelabuhan Gentuma Kab Gorontalo Utara bisa pake mobil PO 150ribu/orang dari kota, satu kali perjalanan, sesampainya dipelabuhan kami sewa perahu nelayan kapasitas 15 orang termasuk drivernya 500rb/perahu PP 1 hari 1 malam sudah termasuk bahan bakar solar juga. 




Dikarenakan tidak ada penghuni, kami siapkan sleeping bag, beras & panci, serta  6 alat pancing dan 1 panah ikan, untuk memasak disana ada sampah pohon pohon kering yang bisa digunakan. Jadi sehabis mancing berburu ikan, malamnya makan makan sampai tidurpun dipinggir pantai. 

Malam sebelum tidur, setelah sekian lama sumpek dengan area perkotaan, disinilah saya bisa liat bintang bintang dengan begitu jelas dan indah, tanpa polusi udara, tanpa suara motor mobil, tanpa diganggu kehidupan manusia perkotaan. untuk sinyal HP juga bagus ada 4G jadi bisa sambil vcall dengan keluarga, update status, main pubg dan lainnya. Pagi pagi kami berenang dipantai, agak surut airnya sehingga kebentuk pulau kecil baru penuh pasir putih. 

Bagi kalian yang mau menginap kesana, sebaiknya siapkan sleeping bag dan makanan yang cukup, maklum kami mancing ditemani orang orang nelayan jadi ikannya dapet banyak. hehe. 

Artikel Terbaru


EmoticonEmoticon