Selasa, 22 Januari 2019

Diving bareng Hiu Paus di Gorontalo

Whale Shark Gorontalo / Foto by Travel Dream
Provinsi Gorontalo merupakan pemekaran dari Provinsi Sulawesi Utara. Gorontalo makin berkembang begitu juga makin bertambah pula lokasi lokasi wisatanya. kalo yang ini wisata hius paus (whale Shark) yang ada di Desa Botubarani Kec Kabila Bone Kab Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Nah buat kalian yang suka diving rasanya ga akan puas klo belum coba nyelam bareng hius paus. tapi ga setiap saat ikannya ada, menurut nelayan setempat biasanya hiu paus dateng sekitar bulan maret s/d oktober. diluar bulan itu ga setiap hari ada, yaaa kadang ada kadang ga. Tempat divingnya juga deket banget paling 20 meteran lah naik perahu bentar udah keliatan hiunya. Harga perahunya sudah termasuk paket untuk 2 orang (perahu kecil) ditambah pakan (cangkang udang sekantor keresek) 50rban. jadi kalian bisa kasih makan + selfie atau diving sama hius paus. 

Kalian boleh coba dateng kesini, lokasinya dari Bandara Gorontalo sekitar 2 jam, transportasinya bisa naik mobil PO (tersedia dibandara) harga ya sekitar 150rb.
Disana ga ada hotel loh ya, jadi kalo mau nginep bisa di Kota Gorontalo, ada beberapa hotel paling bagus ya hotel bintang 4. 

Disekitar While Shark ada juga wisata laut yang lain didesa sebelah cocok untum kalian yg cuma bisa snorkling, alam bawah lautnya ya sangat bagus namanya desa Botutonuo. Nanti kalian bisa naik kapal katingting muat sampe 8 orang.

Hius Paus Gorontalo / foto by Regional Kompas

Buat kalian yang pengen niat jalan kesini, saya sarankan untuk mampir ke tempat wisata lainnya. yaaa, karena harga tiket untuk wilayah sulawesi rata rata 1jutaan, klo PP yang 2 juta. sedangkan dari bandung sekitar 5juta PP, klo dari jakarta sekitar 4juta PP. jadi ya sayang klo tiket pesawatnya mahal cuma jalan jalan liat hiu paus. Jadwal penerbangan ke gorontalo ada yang sampe pagi jam 6 WITA naik pesawat Batik Air (direct), perjalanan sekitar 3 jam. 

setibanya sampai di Bandara Gorontalo, kalian bisa langsung naik Gocar/Grab/PO bandara. kalo naik PO lebih murah cuma ya harus nunggu 4 orang sampe penuh penumpang, harganya 75rb/orang. tapi kalo kalian banyakan ya lebih murah naik Grab/Gocar sekitar 120rb sekali jalan. harga ini menuju Kota Gorontalo. 

Nah Checkin Hotel biasanya kan siang, mendingan kalian wisata dulu disekitar Kota Gorontalo, silahkan negosiasi sama supirnya dalam perjalanan ke Kota Gorontalo kalian akan melewati Danau Limboto, Menara Limboto, lalu setibanya di Kota kalian bisa mampir ke Benteng Otanaha. enaknya sih sewa mobil biar kalian bisa bebas jalan jalan. sewa mobil murah kok sekitar 300rb/hari (24 jam). tempat tempat tersebut cocok banget buat kalian yang mau selfie atau ngambil spot spot foto. abis itu kalian boleh checkin hotel untuk simpang dan bawa barang barang seperlunya. lanjut kalian bisa makan siang dulu di beberapa rumah makan, disini banyak ikan Tuna bakar/goreng dengan bumbu khas gorontalo menurut saya makanan ini yang paling enak, atau ga beli kakap merah dengan sajian badannya di goreng/bakar dan kepalanya di masak Woku. Makanan ini tersedia di warung seafood pinggiran, kalau saya biasanya di Rumah Makan Brasil lokasinya di pinggir pantai perbatasan antara Kota Gorontalo dan Kab Bone Bolango. 

Setibanya di lokasi kalian boleh memilih beberapa pangkalan hius paus (ada plang yg disponsori BPJS Ketenagakerjaan) mulai pangkalan 1 s./d 4. lalu kalian memilih perahu dan siap untuk diving bareng hius paus. Biasanya wisatasan berenang sekitar 2 jam. selain itu bagi kalian yg ga bisa berenang bisa nongkrong di atas perahunya aja, tar hiunya nongol keatas minta dikasih makan pake cangkang udang. untuk manfaatin waktu kalian juga bisa lanjut snorkling untuk liat keindahan bawah laut yang ada di Desa Olele, sebelahan dengan desa Botubarani Hius Puas. Kalo di Olele ikan lautnya banyak banget, karangnya bagus, airnya jernih, naik perahunya 100rb perorang udah termasuk foto dalam air. Murah kok. kalo laper kalian bisa bakar bakar di pesisir pantai, ada banyak nelayan berdatangan kalian bisa langsung beli ditempat. 20rb udah dapet sekeresek ikan oci. enak dan murah. Malamnya kalian bisa memanjakan diri dengan berendam Air Tawar Panas di Pentadio Resort. Lumayan lah untuk berendam sejenak sebelum istirahat.

Sisanya silahkan explore sendiri ya, masih banyak wisata yang ada di Gorontalo, yang terkenal seperti Pulau Cinta Gorontalo (boalemo), Pulai Saronde (Gorontalo Utara), Taman Nasional Bogani Nani wartabone, Pulau Diyanumo dan masih banyak lagi. 





EmoticonEmoticon