Selasa, 29 November 2016

Menggali Wisata Budaya di Desa Wisata Cinunuk

Jawa Barat kaya akan seni budaya dan pariwisata, bahkan terkenal dengan julukan kota wisata kuliner. Hal itu perlu kita banggakan dan juga terus dikembangkan. Salah satunya adalah sebuah desa di kawasan Bandung Timur yakni, Desa Cinunuk Kec. Cilenyi Kab. Bandung banyak potensi yang harus di gali mulai dari panorama alam, seni budaya sampai kulinernya.

Sebuah desa yang memiliki banyak keanekaragaman seni budaya sunda mulai dari sening Calung, Jaipongan, Kuda Renggong, Sisingaan, Reak, Pencak Silat, Benjang, Wayang Golek sampai dengan ketangkasan Adu Domba. Hal itu membuat Pemerintah Kab. Bandung berkeinginan menunjuk Desa tersebut layak menjadi sebuah Desa Wisata di Kawasan Bandung Timur Jawa Barat tersebut sesuai SK Bupati dan Dispora.
 
Tari Jaipong Desa Wisata Cinunuk

Desa yang dikepalai oleh H. Sesep Ruhiat tersebut membuat masyarakat lebih menciantai seni buya yang ada. Karena itu merupakan sebuah warisa leluhur kita yang harus di kembangkan dan di lestarikan jangan sampai punah. oleh siapa kalau bukan kita sebagai generasi penerus mereka.

Kesenian tradisional budaya sunda sebenarnya hampir 18 kesenian ada di wilayah Desa Cinunuk, maka dari itu, pihaknya sebagai Kepala desa lebih mencintai serta mengapresiasikan akan kecintaan terhada seni budaya yang ada,” ujar H.Sesep saat ditemui seusai menggelar syukuran di Lapangan Sepak Bola.

H. Sesep, Alhamdullilah di tunjuknya menjadi oleh Pak Bupati Desa Wisata tersebut, masyarakat antusias dan lebih bersemangat dalam menggali potensi seni budaya yang ada. Selain itu, keberhasilannya sebagai Desa Wisata hasil dari kerjasama semua elemen masyarakat yang ada di Desa Cinunuk. “ Tanpa mereka pihaknya tidak akan bekerja sendirian,” katanya.

Selain seni budaya yang ada, lanjut H. Sesep, desa nya mempunyai nilai jual untuk jajanan kulinernya yaitu, Bangkerok Ketan yang sudah melanglang buana di tingkat Nasional. Bahkan, hanya itu saja berbagai jajanan kuliner lainnya pun ada. Dengan melihat potensi yang ada pihaknya pun mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Jabar guna meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Dengan di tunjuknya sebagai Desa Wisata ini, saat ini pihaknya sedang menggalakan program Panorama Alam yang bertujuan untuk menghijaukan lingkungan dan menggatisipasi terjadinya banjir. Selain itu juga meningkatkan resapan air, mudah-mudahan ini dapat terlaksana dengan baik.


EmoticonEmoticon