Jumat, 21 Oktober 2016

Siapa Bilang Bandung Ga Punya Pantai?

Pantai Buatan Kampung Gajah Bandung

Haha, Bandung memang dikenal sebagai kota kreatif, unik dan memiliki banyak inovasi dalam segala hal termasuk didunia pariwisata. Siapa yang tidak kenal Bandung? Bahkan kota ini telah dikenal luas se-Asia Tenggara. Dikota ini, kamu bisa mendapatkan segala hal yang kamu inginkan. Tidak ada yang tidak mungkin untuk Bandung.

Selama ini, orang mengenal Bandung sebagai surga wisatawan, mulai dari mojang bandung, dago pakar, trans studio, farm house, dan masih banyak lagi. Hanya satu yang tidak dimiliki Kota Bandung yaitu PANTAI. Secara geografis Kota Bandung terletak di tengan pulau yang semuanya dikelilingi oleh pegunungan seperti Ciremai, Tangkuban Perahu, manglayang, Cikuray, dan lain sebagainya.

Kang Emil, istri saya ngidam pengen mantai di Bandung, bagaimana ini?
Loh kok bisa? Bandung kan ga punya pantai Bu
Kenapa ga punya? Garut aja punya masa kalah sama Garut?
Gimana bisa Bu? Bandung dikelilingi gunung semua, ada ada saja kamu ini.

Siapa yang bilang Kota Bandung tidak memiliki Pantai? Semua itu bohong. Pemimpin Kota Bandung yang menduduki jabatan sebagai walikota saat ini yakni Ridwan Kamil atau biasa dipanggil Kang Emil telah merubah istilah “Bandung Ga Punya Pantai” menjadi “Bandung YUK Mantai”. Lebih dari 10.000 rakyat Bandung membuat petisi untuk dibuatkan pantai di tengah Kota Bandung, Permintaan tersebut langsung masuk di akun sosial medianya walikota Ridwan Kamil.

Bagaimana bisa? Kang Emil akan mewujudkan mimpi rakyat Bandung dengan membuat sebuah pantai buatan pertama di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, sebagai satu-satunya kota ditengah pegunungan yang memiliki pantai. Permintaan warga Bandung yang membuat pemimpin kota kreatif ini harus memutar otak dalam mewujudkannya. Ini menjadi hal yang luar biasa selama kepemimpinan Kota Bandung demi mensejahterakan rakyatnya. Ridwan Kamil berencana untuk membuat pantai tersebut di kawasan Gedebage Bandung.

“Bener ieu teh ?,” tanya Ridwan Kamil. Kemudian ditegaskannya bila mencapai 100 ribu pendukung maka petisi bakal dikabulkan. dikutip dari instagram @Ridwankamil

Sebenarnya di Kota Bandung saat ini telah memiliki 3 pantai buatan, Kang Emil pun telah merenkomendasikan warganya untuk mantai disana, hanya saja untuk masuk ke lokasi tersebut harus bayar dan harganya cukup mahal, ada yang jauh, adapula yang masuk ke Kabupaten Bandung. Berikut 3 pantai buatan yang ada di Bandung :

PANTAI BUATAN KAMPUNG BATU 

MALAKASARI BANDUNG BARAT


Pantai Buatan Kampung Batu Malakasari Bandung















Kampung Batu Malakasari merupakan kawasan yang ada di Kab. Bandung Barat yang memiliki luas sekitar 50 ribu meter persegi. Lokasi tersebut sebelumnya digunakan sebagai tempat penambangan batu alam yang di exploitasi secara tradisional oleh warga dari tahun 1990 hingga 2002. Kemudian dirubahlah lokasi ini menjadi Geo Wisata membentuk danau yang dapat menampung puluhan ribu kubik air, dengan berbagai jenis ikan tawar ada didalamnya. Selain itu, tempat ini juga dikatakan sebagai Eko Wisata karena hampir 70% airnya digunakan usebagai sumber air lingkungan sekitar. Nah yang terbaru adalah adanya wavepool atau orang biasa memanggilnya pantai buatan dengan ombak yang mirip sekali dengan ombak aslinya. 


PANTAI BUATAN KAMPUNG GAJAH 

BANDUNG SELATAN


Pantai Buatan Kampung Gajah Cihideung


Lokasi tersebut berada di Cihideung Lembang tepatnya di Jalan Sersan bajuri Cihideung Bandung Barat. Pantai buatan ini terlihat percis layaknya pantai asli, desiran ombak yang besar, tiupan angin yang kencang dan kumpulan pasir yang bersih dan indah. Mungkin bagi wisatan lokal sering malas untuk mantai karena cuaca terik matahari yang panas, terkadang bagi wanita tidak mau kulitnya menjadi hitam. Berbeda dengan Pantai di Bandung, disini cuacanya sangat sejuk, lembut, bahkan terasa sangat segar tentunya tidak akan membuat kulit se-hitam di pantai asli . Disni juga disuguhi dengan banyak payung teduh, es kelapa muda, aneka ragam kuliner khas bandung, dan pelayanan yang ramah tamah.


PANTAI BUATAN TRANS HOTEL 

BANDUNG KOTA

 

Pantai Buatan Trans Hotel Bandung


Hotel dengan kolam renang atau pemandian air panas sih sudah biasa? Bagaimana dengan yang ini? Trans Hotel Bandung memiliki hal yang berbeda dengan hotel lain yang ada di Indonesia. Disini terdapat pantai buatan air tawar yang sehat, bahkan pasir pantai yang halus didalamnya juga dikirim dari Australia yang telah dipanaskan terlebih dahulu sehingga halus dan aman untuk digunakan. Hal itu dilakukan karena pemerintah melarang pasir pantai Indonesia untuk dipindahkan.

Buat warga Bandung, jangan mengeluh dulu ya soal pantai buatan di Kota, sementara nikmatikan pantai buatan yang ada saat ini. 


EmoticonEmoticon