Selasa, 18 Oktober 2016

Kolam Awet Muda Di Bandung, Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan Bandung


LAGI LAGI BANDUNG? ADUHHHH

Kali ini gue mau berbagi cerita tentang wisata alam di Kabupaten Bandung Barat yang kereeeeen banget. Bandung selalu dikenal sebagai salah satu kota yang menyuguhkan berbagai keindahan alam. Makanya banyak banget orang yang ingin tinggal disana. Sekarang juga Bandung lagi dipimpin oleh seorang walikota yang gaul abis bro, berjiwa muda dan mengerti kebutuhan warganya mulai dari generasi tua keladi hingga generasi X, Y, Z. Beuhhh makin keren aja pokoknya.

Nah, yang satu ini adalah salah satu wisata alam yang baru ngetrend nih looooh, terutama untuk warga bandung dan sekitarnya. Meskipun lokasinya jauh, tapi banyak sekali yang berkunjung kesana. Inilah yang ngebedain kenapa warga Jakarta senang banget main kesana. Menuh-menuhin aja sih! kan bikin macettttttt.


APA ITU Sendang Geulis Kahuripan (SGK) ?

Buat elu yang males baca, intinya sih SGK itu Kolam Renang ditengah sawah, pohon, dan bukit, atau jika diartikan secara mendalam SGK merupakah sebuah kolam berisi mata air yang dikelilingi oleh pepohonan dan berada di tengah-tengah bukit. Orang-orang terkadang menyebutnya Mata Air Cikahuripan atau Sirah Cai Kahuripan atau Talaga Cikahuripan atau apa lah itu namanya yang jelas maksud, tujuan, target, cita-cita, dan impiannya sama … Haha. Saran gue sih elu tinggal nanya ke warga kalo elu mau mampir ke “Cikahuripan”, mereka pasti tahu kok.

Kalo kata si jadiberita.com, SGK memiliki arti “kolam di pegunungan yang berasal dari mata air dengan pemandangan yang cantik dan mampu memberi kehidupan”. Pengertian tersebut merupakan arti dari kalimat Sendang Geulis Kahuripan, “Sendang” memiliki arti kolam di pegunungan yang airnya berasal dari mata air. “Geulis” dalam bahasa bandung (sunda) berarti cantik. Sedangkan “Kahuripan” diartikan sebagai kehidupan. Jadi begitulah asal-usul namanya. Sekarang ngerti kan kenapa Mojang Bandung itu gareulis pisan (cantik-cantik), jangankan yang punyanya, alamnya aja cantik membahana. :D


LOKASINYA DIMANA SIH ? SUSAH AMAT NYARI RUTE NYA

Buat elu-elu semua yang suka banget dengan alam, pastinya kagak bakal bosen berkunjung ke tempat yang beginian. Bukannya sombong sih, tapi elu juga bakalan jadi sombong deh kalo udah mampir kesini. Naaaah lokasinya berada di Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, tapi secara administratif tempat ini dikelola oleh Perum Perhutani Divisi Regional Jabar-Banten, KPH Bandung Utara.

Berikut rute yang gue dapetin dari artikelnya si bersosial.com spesial buat orang jegardah dehhhh :

- Keluar pintu Cikamuning Tol Cipularang. Kemudian menyusuri jalan Cikampek-Padalarang  menuju kawasan Cikalong Wetan.
- Setelah melewati batas perbatasan Cikalong Wetan, sekitar 3 Km dari batas kecamatan tersebut terdapat pertigaan dengan gapura berbentuk nanas.
- Dari gapura tersebut masih sekitar 4 Km. Jalanan akan semakin rusak parah, jalanan beraspal akan berganti dengan jalanan tanah yang licin dan berbatu. Jika ragu untuk menggunakan motor, Anda bisa memarkirkan kendaraan di Sekolah Dasar (SD) di pertigaan menuju Sendang Geulis Kahuripan.
- Dari SD tersebut kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri perkebunan dan persawahan mengikuti petunjuk yang ada disana
- Oh ya, untuk masuk kelokasi, dikenakan biaya tiket sebesar 10.000 rupiah/orang.


HMMM TERNYATA BISA AWET MUDA

Kata warga sekitar katanya mata air dari kolam ini dipercaya memiliki khasiat menyehatkan tubuh. Kalo elu udah ngerasa pegal-pegal bisa segar lagi cukup dengan berendam. Selain itu, mata air ini dipercaya mampu memperhalus kulit dan awet muda. Itu sih katanya, tapi menurut ilmu kedokteran ya memang berendam dengan rileks, santai dan penuh dengan kebahagiaan dapat membuat awet muda.

Nah buat Elu yang pengen awet muda, ga ada salahnya berendam disini. Dan rasakan keindahan alami yang membuat diri Elu berasa 10 tahun lebih muda hahaha. Terima kasih,  jangan lupa salam buat mamah.

1 comments so far


EmoticonEmoticon