Kamis, 20 Oktober 2016

Kenapa Kota Bandung Sangat Terkenal ?

Bandung yang sejak dulu sudah heurin ku tangtung, di sana-sini padat oleh gedung perkantoran, pusat pelayanan publik, pusat perbelanjaan dan keramaian kota, bangunan rumah warga bertebaran di segala penjuru angin dan menyebar sampai ke pelosok-pelosok, nyaris tak ada lagi keindahan alam yang bisa dijual kepada wisatawan.

Jalan Asia Afrika Bandung / By @nunoobey

Untungnya, Bandung memiliki budaya dan wisata sebagai “komoditas andalan” sekaligus merupakan daya tariknya, sehingga setiap saat tak pernah sepi dari pengunjung. Banyak alasan orang luar daerah, luar Jawa atau dari luar negeri berkunjung ke Bandung. Yang jelas, meski kunjungannya dalam rangka dinas, urusan bisnis, tugas belajar atau keperluan lain, mereka selalu menyempatkan diri untuk berwisata di Bandung. Lalu apa yang membuat Bandung semakin terkenal ?

PARIWISATA TERLENGKAP DI JAWA BARAT 


Wisata Alam Dusun Bambu Bandung by @sholmad

Dalam dunia pariwisata, budaya memang ibarat gula yang dicari ke sana kemari dan selalu dikerubuti oleh semut. Arti semut di sini adalah wisatawan. Karena yang diandalkan budaya, culture, inilah kunci ide Kota Bandung dalam mengembangkan kepariwisataan dengan menanamkan pengertian yang berpendidikan mengenai budaya pariwisata kepada masyarakat nya. Adapun wisata yang menjadi prioritas Kota Bandung adalah :
  1. Wisata Alam, Bagaimana tidak? Lokasi Kota Bandung berada ditengah pegunungan yang terbagi menjadi banyak ragam wisata. Pegunungan dijadikan sebagai puncak wisata, pendakian, perkemahan. Sungai menjadi andalan body rafting dan berbagai permainan playing ground. Tersedia air panas alami sebagai sumber wisata spa dan pemandian air panas. Taman sebagai rekreasi wisata kota dengan ragam dan tema yang berbeda dan masih banyak lagi.      
  2. Wisata Kuliner, Lokasi kuliner yang paling popular di Kota Bandung adalah Dago Pakar. Disana merupakan salah-satu tempat mojang jajaka bandung untuk nongkrong. Nongkrong adalah istilah anak muda bandung untuk wisata kuliner. Bukan sekedar nongkrong menikmati suasana alam ataupun kota tetapi telah menjadi kebiasaan sebagai sarana berkumpul dengan teman, pacar dan keluarga. Aneka ragam kuliner yang lengkap mulai dari kuliner khas sunda hingga mancanegara menjadi daya tarik yang unggul bagi wisatawan. Bukan hanya itu, area lokasi kuliner juga hampir semuanya dilengkap berbagai kebutuhan umum seperti charge hp, wifi gratis, televisi, musola, life music. Kota Bandung juga menegaskan agar semua lokasi wisata dilengkapi fasilitas tersebut.
  3. Wisata Edukasi, Bandung memiliki banya sekali wisata yang bermanfaat untuk ilmu pengetahuan seperti museum, bangunan bersejarah, balai-balai penelitian keilmuan dan perindustrian, perguruan tinggi, atraksi seni. Adanya peninggalan sersebut menjadikan Kota Bandung memiliki sejuta sejarah yang perlu diketahui banyak orang. Sejarah ini menjadi nilai jual yang unik sebagai wisata edukasi yang berkualtias.
  4. Wisata Belanja, Pertumbungan Industri Tekstil di Bandung menjadi modal besar bagi para pengrajin. Berbagai macam produk feysen dibuat untuk memenuhi permintaan pasar yang mendunia. Ada banyak jenis kualitas tergantung dari Brand itu sendiri. Bandung adalah kota kreatif, karena itulah banyak Lokal Brand yang muncul dari kota ini. Mulai dari pengrajin hingga brand dengan kualitas super. Beberapa lokasi pengrajin yang terkenal adalah Cibauyut – Pengrajin sepatu, Kiaracondong – Sentra Keramik, Cigondewah – Sentra Kain, dan masih banyak lagi.

SEBAGAI KOTA TUJUAN PENDIDIKAN KELAS DUNIA 

 
Bosscha Observatoty Bandung


Bandung memiliki 6 perguruan tinggi negeri yaitu ITB, UNPAD, UPI, STSI, Polban, Polman dan lebih dari 100 Perguruan tinggi swasta seperti UNPAR, Telkom, ITENAS, NHI. Kualitas pendidikan yang baik serta berkompetesi setara dunia terbukti dengan banyak dihasilkannya lulusan yang sukses didunia kerja ataupun bisnis. Pemerintah juga mendukung dengan banyak program untuk mendanai kreatifitas mahasiswa diberbagai sektor baik teknik, kedokteran, wirausaha, desain, dll melalui beasiswa ataupun program Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang diadakan oleh DIKTI. 

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI YANG MERAKYAT 

 

Command Center Bandung by @richiedaft

Sadar akan banyak kelebihan yang bisa diolah. Pemerintah, Ilmuan, Mahasiswa, dan Masyarakat bergotong royong untuk mengembangan potensi alam dan teknologi masadepan. Hal ini terbukti dengan berkembanganya teknologi baru seperti pembuatan Bio etanol dari singkong, robotik terutama pembuatan drone, Kincir air di kawasan kecil sebagai penerangan mandiri. pengusaan dunia hacker internet, pengembangan bisnis online, dan munculnya jenis bisnis startup baru. Pemerintah juga mendukung dengan memfasilitasi dan mendanai diberbagai riset dan penelitian bahkan turun langsung untuk merealisasikan pembangunan new-tech seperti kereta monorel, jembatan kota, kolam penampungan banjir bahkan pengembangan fasilitas rakyat secara online. 

PERKEMBANGAN FASILITAS UMUM MENGIKUTI TREND GLOBAL 

 
Taman Film Bandung by @tamanbandung


Tidak mungkin suatu daerah dapat berkembang, jika tidak tersedia infrastruktur dan suprastruktur yang dibangun pemerintah. Meski kedua komponen itu sudah tersedia, pemerintah pun harus bekerja keras menciptakan kepuasan bagi rakyatnya. Agar semakin berkembang pemerintah juga menerapkan program yang baik bagi dunia usaha, sehingga investor bergairah menanamkan modalnya dan membangun berbagai fasilitas kota.

Ridwan kamil, pemerintah Bandung selalu mengerti keinginan rakyatnya. Mulai dari Bandros bis wisata kota, pembangunan tempat rekreasi keluarga seperti taman-taman kota, Bis sekolah untuk transfortasi aman & gratis khusus pelajar, fasilitas internet diberbagai tempat termasuk tempat ibadah, transfortasi online, dan masih banyak lagi. Menjadi modal dasar untuk mengembangkan Kota Bandung. Hal lain terlihat semakin banyaknya hotel yang dibangun di Kota Bandung berikut restoran, café, mall, pusat perbelanjaan pakaian dan souvenir, biro perjalanan, dan berbagai fasilitas lain menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Beberapa pengembangan yang ada saat ini seperti Gelanggang Olahraga (Stadion GBLA, Gelanggang PON Arcamanik, Taman Bermain (Taman Jomblo, Taman Film, Taman Musik, Taman Mesjid Agung), Shopping mall Factory outlet Distro (PVJ, BIP, IP, BTC, Transtudio), Car Free Day/night (Dago, Braga). Perkembangan seperti sekarang ini merupakan indikasi dari sikap pemerintah dan warga bandung secara sengaja membangun fasilitas tersebut untuk kemudahan dan kenyamanan orang-orang yang berkunjung. 

RAGAM KOMUNITAS TINGKAT NASIONAL 

 
Komunitas Sepeda Ontel Bandung


Pembangunan ekonomi kreatif, memang tak akan lepas dari jejaring pasar. Komunitas lah yang ikut serta dalam menghasilkan pengembangan strategi dan realisasi. Mereka menciptakan Bandung sebagai Kota Kreatif yang siap berkompetisi, berkolaborasi dan berelaborasi di tingkat global.

Di Kota Bandung, komunitas tidak hanya sekedar mencintai hal tertentu tetapi turut mengembangkan dan memasarkannya. Mereka juga andil dalam berbagai kompetesi membawa Kota Bandung menjadi kota kreatif dunia. Beberapa komunitas yang berprestasi seperti komunitas Lokal Brand, Viking Persib, Rumah Cemara, Bandung robotic & drone, blogger bandung, bahkan hingga komunitas sepeda ontel pun ada di Kota Bandung. Inilah yang menjadi keunikan bandung semakin dikenal dan berkembang.

TRENSETER FEYSEN  MANCANERAGA

 
Bandung fashion designer by Harry Ibrahim


Bandung adalah salah satu kota di Asia Tenggara yang memiliki komunitas paling banyak diantara kota-kota lainnya. Makanya tak heran beberapa trendsetter yang pernah mewabah di tanah air ini, bisa jadi awalnya berawal dari Bandung. Demikianlah adanya, anak-anak muda Bandung memang dikenal begitu kreatif dan inovatif. Beragam komunitas, mereka bentuk berdasarkan kesamaan interes.


BANDUNG MOJANG PRIANGAN

PENCETUS AKTOR/ARTIS INDONESIA 

  

Aura Kasih, artis asal Bandung

Mojang Bandung diambil dari Bahasa sunda yang artinya adalah gadis / wanita Bandung. Sudah bukan rahasia lagi jika Bandung terkenal dengan para anak-muda nya yang memiliki berbagai macam bakat dan kreatifitas yang dapat dibanggakan serta didukung oleh paras cantik khas Sunda yang menjadi keturuan secara alami. Ditambah lagi bahwa Kota Bandung merupakan kiblat feysen di Indonesia yang menambah lengkapnya kecantikan mojang Bandung.


EmoticonEmoticon