Jumat, 21 Oktober 2016

Karena Musisi-Musik, Asal Mula Bandung Terkenal

Taman Musik Centrum Bandung / @harperpasteur

Indonesia kaya dengan keanekaragaman. Ini tergambar dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti meski berbeda-beda suku bangsa, budaya dan bahasa tetapi tetap satu. Begitu pula yang dirasakan oleh masyarakat kota Bandung, meski kini Bandung menjadi salah satu kota tujuan imigran, masyarakatnya tetap bersahaja dan bersatu demi terciptanya Kota Bandung yang aman dan nyaman.

Di lain pihak Kota Bandung memiliki berbagai jenis aliran musik, mulai dari jenis musik tradisional hingga modern menyatu demi membuat Kota Bandung dikenal luas di dunia internasional karena keanekaragaman budayanya. Tengok saja kesenian musik angklung dari Saung Angklung Udjo, telah melanglang buana memasuki kancah musik internasional.

Tak hanya musik tradisional saja, musik modern pun perlahan-lahan menghipnotis pencinta musik di seluruh dunia. Justru di Kota Bandung, banyak lahir grup-grup musik ternama seperti Band GIGI, The Changcuters, Nineball, The Titan, Five Minutes. Boyband yang sedang naik daun SMASH, hanyalah sebagian grup band ternama jebolan Kota Parijs van Java. Karena di kota Bandung itulah banyak lahir musisi-musisi berkelas mau pun entertain ternama yang karirnya melejit di televisi-televisi nasional mau pun lokal di Indonesia.

Tak heran, apabila animo masyarakat kota Bandung terhadap dunia musik sangatlah besar. Bahkan di ajang penghargaan musik yang diadakan oleh salah satu stasiun TV swasta di Indonesia, kota Bandung meraih piala sebagai kota terfavorit 2010. Hal itu membuktikan bahwa masyarakat kota Bandung benar-benar penikmat musik sejati.

Selain terkenal dengan pariwisatanya, kota Bandung pun menyimpan sejuta prestasi di industri musik Indonesia. Berbagai aliran musik banyak berkembang di kota ini, mulai dari jazz, rock, metal, pop, melayu, hingga kolaborasi antara musik tradisonal dan modern dapat tercipta berkat ide-ide kreatif pencinta musik Kota Bandung.

Dengan berkembangnya musik di Kota Bandung penikmat musik berharap akan menambah daya tarik wisatawan untuk datang atau pun study tour guna mempelajari musik tradisional mau pun modern. Dengan sikap santun dan keramah-tamahan masyarakatnya, Kota Bandung yakin akan menjadi salah satu kota yang mesti diperhitungkan nilai wisatanya di forum nasional.

Demikian halnya dengan grup-grup musik yang lahir di Kota Bandung, banyak yang berjaya di forum nasional. Bahkan, beberapa di antaranya telah melemparkan albumnya di dunia internasional. Untuk sementara, album-album yang mereka lemparkan di Singapura dan Thailand.  

Oh ya, itulah sebabnya kenapa Walikota Bandung Kang Emil sengaja membuat Taman Musik Centrum. Untuk memotivasi anak muda Bandung agar terus berkreasi mengharumkan kota tercinta. 


EmoticonEmoticon