Rabu, 31 Agustus 2016

Pengalaman Rekruitmen BPJS Ketenagakerjaan 2016

Tags

OPK BPJS Ketenagakerjaan 2016
Sejak dinyatakan lolos seleksi, saya sudah berjanji untuk berbagi pengalaman proses rekruitmen BPJS Ketenagakerjaan ini. Semoga bermanfaat yah :D

Sebelumnya saya ada lulusan Teknik Kimia dari salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Bandung. Meskipun lulus maksa dengan IPK 2.8 tapi ternyata tidak menjadi hambatan untuk mendapatkan pekerjaan. Saat lulus saya habiskan 3 bulan pertama fokus jalan – jalan konon setelah bekerja susah untuk main, btw itu memang benar haha.

Bulan ke-4 setelah wisuda main dll, akhirnya saya nyatakan puas dan mulai konsen untuk mencari pekerjaan. Waktu itu saya pake jobstreet pake 2 akun agar dapat melamar banyak. Saat itu dalam sebulan saat apply hingga 400 lamaran. Its okay karena tujuan saya adalah belajar interview.

Tidak disangka ternyata hampir setiap hari saya ditelpon untuk test/interview bahkan banyak yang bentrok sehingga banyak yang saya reschedule. Perusahaan pertama yang memanggil saya adalah PT YKK Zipper Indonesia, sayangnya gagal saat tahap interview. Hehe berikut adalah perusahaan perusahaan besar yang memanggil saya tapi GAGAL TOTAL : PT Adaro Indonesia, PT HPPM, PT Yakult Indonesia, PT Djarum Super, Astra Assurance, PT Nissan Indonesia, PT Prospect Motor, PT Torrecid Indonesia, PT Nestle Indonesia, PT Unilever Indonesia, dan masih banyak lagi saya sudah lupa hehe.

Semua itu saya selesaikan dalam 1 Bulan, cukup melelahkan dengan hasil yang tidak memuaskan, tidak putus asa ternyata saya dapat panggilan dari PT LIONWINGS Indonesia. Disanalah pertama kali saya bekerja sebagai staff produksi, sesuai dengan background yang saya miliki. Saya bekerja 8 bulan, pengalaman yang sangat berharga karena didalamnya saya bekerja dengan rekan-rekan professional, saya juga berada dibawah Boss yang begitu baik tak lupa para operator yang sangata menghargai saya. Sayangnya saya harus resign karena saya merasa skill saya kurang berkembang disana. Btw dari segi kerjaan sangat mudah dan nyaman begitu juga dengan gaji saya rasa cukup besar untuk fresh graduated. Akhirnya saya putuskan untuk resign.

Saya merasa bahwa bakat saya ada dimarketing, itu saya lihat karena kepribadian saya sepertinya sangat senang untuk berinteraksi secara bebas, bertemu dengan orang baru, sehingga aktifitas saya tidak bosan. Hehehehe


BPJS Ketenagakerjaan

Test Online

Saya coba melamar dibeberapa perusahaan untuk marketing, target utama saya adalah sales engineer. Setelah beberapa kali apply dan test ternyata saya dapat sms dan email bahwa saya lolos tahap seleksi online di BPJS Ketenagakerjaan. Btw test tersebut tidak terlalu sudah terdiri dari psikotes hitungan matematika dasar, logika dan pengetahuan umum. Yang kaget ketika saya tahu bahwa pelamar BPJS Ketenagakerjaan tahun 2016 sebanyak 151.000 pelamar. Wow fantastic sekali. Ada apa dengan BPJSTK?

Verifikasi Data dan Psikotes

Saya lolos untuk mengikuti Verivikasi Data, say itu saya ikut untuk lokasi dijakarta karena memang kebetulan saya masih dijakarta. Waktu itu saya dating jam 7 pagi dan ternyata antrian begitu panjang hingga menunggu sampai jam 4 sore. Hari yang sangat melelahkan. Btw test tahap ini hampir mirip dengan test online hanya saja dilakukan secara manual. Saat itu penyelenggaranya kalau tidak salah adalah UI, jadi sebaiknya belajarlah soal soal recruitment yang dibuat oleh UI.

Wawancara Psikologis dan Diskusi Kelompok

Pada tahap ini masih ada sekitar 9000 peserta, dari sinilah saya mendapat banyak info apa itu BPJSTK danb berbagi info group pelamar. Saat wawancara saya fokus ditanya mengenai pengalaman bekerja sebelumnya. Banyak sekali pertanyaan tapi semua jelas menyenai apa yang kita lakukan saat bekerja. ngan Pertanya terakhir yang saya ragukan ketika ditanya bagaimana jika dipindahkan ke bagian selain marketing? Saya cukup tegas menjawab “tidak” dengan alas an karena memang saya dating untuk menjadi seorang marketer, tapi untuk BPJSTK ini ternyata tidak melihat background tapi melihat potensi yang menonjol nanti saat berkerja. Jadi kemungkinan kita bias dipindahkan ke bagian yang menurut mereka berpotensi baik. Btw jangan kaget karena Tim BPJSTK sudah sangat professional dalam hal ini.

Pada diskusi kelompok saya terdiri dari 6 orang. Kami diberikan masalah yang sangat simple berupa beberapa pilihan mengenai karakter manusia. Kita perlu mendiskusi mana yang perlu diutamakan dan kenapa pilih itu. Saat itu hanya diberikan waktu 10 menit. Hasilnya diskusi kami tidak selesai dengan baik, karena hampir semua peserta ingin mendominasi kelompok sehingga tidak efisien. Hasilnya seharusnya sangat berpengaruh pada penilaian tapi kemungkinan besar hasil personal dilihat dari sikap kita saat berdikusi, disana saya fokuskan sebagai penengah dan memutuskan berdasarkan keputusan bersama. Saran saya jangan terlalu mendominasi kelompok, berilah teman sekelompok kita untuk mengeluarkan pendapat. Sehingga tim menjadi professional, saling merhargai pendapat, dan dapat menyelesaikan permasalahan dengan baik. Sesi ini saya rasa cukup menegangkan karena penilaian berdasarkan potensi yang dilihat dalam 10 menit tersebut. Beberapa haru kemudian datanglah si SMS yang ditunggu-tunggu, hasilnya OKE LULUS lagi gan. :D

Medial Check Up

Wow ini yang ane geli ceritanya gan wkwkwkwk. Karena ada pengecekan khusus yang mantap sekali.

Ini sangat menegangkan loh, karena saya merupakan perokok AKTIF. Dari sekian banyak artikel yang say abaca percuma menjadi sehat dalam seminggu. Tapi yang saya lakukan adalah cukup dengan olahraga pagi, minum susu 3x sehari selama seminggu, dan tetap merokok tentunya haha. Btw H-1 checkup harus puasa ya gan.

Yang di check adalah darah, urin, paru paru, jantung, ideal tubuh, gigi, mata, daaaaannnn ambeyen. Check yang terakhir tersebut agak tidak menyenangkan karena lubang BAB kita dimasukan jari untuk pengecekan ambeyen, HUH berasa hina sekali gan, btw tidak apa apa demi kebaikan dan lega juga kan tidak punya penyakit ambeyen. Hehe. Hasilnya? OKE LULUS gan

Wawancara User

Sesi ini kalo sebagian orang bilang menegangkan, saya rasa justru sesi yang sangat meyenangkan, kenapa? Mari kita simak hehehe.

Wawancara tersebut dipanggil di menara jamsostek di Jakarta selatan. Setiba disana gedungnya sangat bagus, areanya bersih, harum, para pekerjanya rapih cantik dan ganteng, cukup membuat tenang untuk mengikuti interview user. Disana sudah tiba shift pagi yang sudah dating duluan. Kebetulan saya dapat shift siang yaitu jam 1. Setelah foto dan mengisi absensi, tak lama saya dipanggil. Dengan bernafas dalam dalam, berjalan tegak dan percaya diri, serta senyuman membuat saya semakin dag dig dug haha.

Seperti yang pernah say abaca diblog, saya sapa dan salam yang kuat serta izin untuk duduk. Ternyata interview dengan mereka tidak ada rasa tegang sama sekali. Mereka menanyakan pacar, orang tua, teman, sahabat, cukup membuat rilex untuk menjawab seputar pengalaman kerja dan kenapa ingin bergabung dengan mereka. Sekitar 30 menit tidak berasa, akhirnya berakhirlah sesi wawancaranya.

Saran saya apapun pertanyaannya, jawablah singkat, tepat, dan jujur. Jangan mengelak ketika ada pertanyaan negative yang meragukan. Jika tidak, katakana saja tidak. Karena saya rasa BPJSTK ini yag utama adalah kejujuran. Btw mereka juga akan tahu saat kita berbohong. So jadilah orang jujur. Hasilnya???? OKE LULUS lagi gannnnn. Hehe. Oh ya, seingat saya tahap ini masih ada sekitar 3000 peserta untuk Jakarta. Nah area lain ane ga tau gan.

OPK BPJS Ketenagakerjaan 2016

Tahap ini saya masuk gelombang kedua gan yang berlokasi di Institut BPJS Ketenagakerjaan, Gedung tersebut sangat mewah dengan rate sama dengan hotel bintang 3 gan. Semua fasilitas lengkap diberikan, kamar yang nyaman, shower, air panas, handuk + sabun, laundry, makan 3x sehari, dan tentunya para pengelola gedung yang sangat ramah ramah.

Tahap OPK ini merupakan tahap yang paling berkesan gan, kita bertemu dengan banyak teman baru, berbagai ras, agama, karakter, budaya, semuanya bersatu di BPJSTK dari sabang sampai merauke. Saya rasa jangan sia sia kan untuk mendapatkan banyak teman disini. Karena disinilah tahap awal kita berbagi di BPJSTK kedepan. Saya rasa Tahap OPK ini tidak perlu disharing, karena didalamnya terdapat banyak hal positif yang sangat berkesan. Berdoalah semoga agan menjadi salah satu yang merasakan indahnya OPK BPJS Ketenagakerjaan.

Hasilnya? OKE menunggu gan. Doakan yah. See you

Promosikan Brand Anda disini. 


Kirim deskripsi lengkap tentang menu Kuliner Ramadhan Anda. 
"Konten : nama Brand, nama Menu, Foto, Lokasi, cp, kelebihan, kategori produk. (maks 2 menu)". 


PROMOSI GRATIS SEBELUM BULAN RAMADHAN 2013